Everve - Social Media Exchange on steroids by Everve

Review dan Ulasan SproutGigs Situs Penghasil Dolar

Berawal dari tulisan saya sebelumnya yang berjudul 4 Situs Penyedia Microjobs yang Terbukti MembayarPenggunanya, maka saya membuat tulisan berikutnya untuk memberikan ulasan kepada salah satu situs yang saya rekomendasikan yakni Sproutgigs. Saya menemukan situs ini setelah browsing-browsing dari internet mencari bagaimana cara menghasilkan uang dari internet. Dari salah satu artikel yang saya baca ada yang merekomendasikan Microjobs, dan salah satu situs penyedia microjobs adalah SproutGigs.

Profil Singkat SproutGigs

Sproutgigs atau dulunya bernama Picoworkers adalah situs microjob online yang menawarkan berbagai pekerjaan sederhana dan membayar penggunanya. Pengguna yang telah mendaftar sebagai pekerja (freelancer) akan dibayar untuk setiap tugas yang berhasil diselesaikan. Tugas-tugas yang diberikan merupakan tugas yang mudah diselesaikan dalam hitungan menit atau tugas receh, seperti mendownload aplikasi, Sign Up situs tertentu, sampai mengunjungi situs tertentu. Pendiri situs Sproutgigs adalah perusahaan KredStreet Inc yang berlokasi di Amerika Serikat. Situs ini sudah berdiri 2012 dan berhasil mendapatkan jutaan pengguna.

Cara Daftar SproutGigs

Pertama silahkan buka di laman browser dan masukkan sproutgigs.com anda atau klik link berikut ini

Daftar

Setelah melakukannya anda akan ditunjukkan halaman seperti gambar berikut :

 

Halaman Utama SproutGigs

Kemudian klik Sign Up pada pojok kanan atas, anda akan masuk ke halaman pendaftara bagi pengguna baru, setiap pengguna harus melakukan registrasi agar dapat melakukan pengerjaan tugas di sproutgigs. Berikut tampilan halaman pendaftaran sproutgigs.

 

Halaman Daftar SproutGigs

Masukkan data diri yang diperlukan dan centang pada bagian I am Worker dan cheklis I agree to Sporutgigs Terms of Service and Privacy Policy. Setelah mendaftar dan menyetujui ketentuan yang diberikan pihak sproutgigs, anda harus mengecek email yang masuk melalui email yang anda masukkan tadi untuk mengkonfirmasi akun anda. Setelah itu masukkan email dan password yang sudah didaftarkan tadi.

Maka akan muncul tampilan seperti ini :

 

Halaman Dashboard SproutGigs

Pada halaman awal sproutgigs terdapat beberapa menu, yakni :

1. Gigs

Menu ini memuat promosi untuk menggambarkan kemampuan Anda. Anda dapat mempromosikan diri Anda dalam bentuk kelahilan Anda sehingga pencari kerja dapat melihat deskripsi dan keahlian Anda di menu gigs ini.

2. Microjobs

Meni ini berfungsi untuk mencari dan melihat pekerjaan yang sudah Anda kerjakan dan masih tertunda. Biasanya pekerjaan yang telah diselesaikan belum dibayar sebelum pekerjaan tersebut diperiksa dan disetujui oleh pemberi kerja. Satified+paid adalah jumlah pekerjaan yang telah Anda selesaikan, sedangkan pending review adalah pekerjaan yang telah selesai tetepi belum dibayar menunggu hasil review dan persetujuan dari pemberi kerja.

3. Surveys & Offer

Menu ini memberikan survey dan penawaran lain untuk menambah penghasilan Anda selain hanya mengandalkan microjob.

4. Wallet

Wallet adalah menu penarikan uang Anda yang sudah terkumpul selama penyelesaian tugas, didalamnya terdapat bagian transactions yang merupakan history transaksi pembayaran Anda dari tugas-tugas yang telah dikerjakan.

5. Job Level

Semakin banyak pekerjaan yang anda selesaikan semakin tinggi level pekerjaan Anda. Level pekerjaan ini dikategorikan menjadi 3 yakni level starter untuk pemula, lanjutan untuk menengah, dan ahli untuk tingkat pekerja lanjut. Untuk menjadi level tertinggi, Anda harus mencapai level 8.

6. Profile

Pada halaman ini, Anda dapat melihat dan mengubah profil melalui pengaturan akun, peringkat kerja untuk melihat peringkat kerja yang paling banyak dikerjakan, dan pada halaman ini Anda dapat melakukan log out dari akun anda.

7. Category

Halaman kategori berfungsi untuk mencari kategori pekerjaan yang diinginkan, terdapat 24 kategori pekerjaan yang bisa dipilih, beberapa jenis pekerjaan yaitu seperti Sign Up, SEO + Promote Content + Search + Engange, Data Entry, Telegram, Discord, Tiktok dan lainnya.

8. Payment

Halaman yang digunakan untuk menentukan besaran upah yang diingankan pada pekerjaan, agar dapat menentukan kisaran upah dapat menggunakan menu ini.

9. Location

Lokasi untuk menentukan ingin bekerja di negara mana.

Cara Mendapatkan Penghasilan di SproutGigs

Mekanisme kerja di platform Sproutgigs sangatlah mudah. Sebagai pekerja, Anda dapat mengerjakan pekerjaan yang dipilih pada pilihan beberapa pekerjaan. Berikut langkah-langkag mengerjakan pekerjaan di situs ini :

  1. Pilih pekerjaan yang Anda inginkan (Saya rekomendasikan tugas  SEO + Promote Content + Search + Engange karena tugasnya sederhana Cuma melihat website dan cepet diselesaikan) di halaman find job.
  2. Baca semua instruksi yang diberikan pada deskripsi pekerjaan
  3. Kerjakan tugas sesuai dengan instruksi yang diberikan
  4. Berikan bukti pekerjaan telah dilakukan, biasanya seperti link, screenshot, ataupun kode tertentu.

Semakin banyak pekerjaan yang Anda selesaikan semakin besar pula pendapatan yang diperoleh. Potensi penghasilan yang bisa diterima mulai dari $0.01-$3 tiap pekerjaan yang telah diselesaikan. Anda juga bisa mendapatkan bonus pada halaman Surveys & Offer. Berdasarkan pengalaman pribadi, penulis dalam sehari bisa menyelesaikan 40-50 tugas dalam sehari dan pendapatan yang diperoleh lebih dari $1 tiap harinya.

Berikut bukti perolehan yang telah penulis lakukan.

 

Bukti Task Selesai

Penarikan Saldo dari SproutGigs

Terdapat berbagai macam pembayaran yang ditawarkan pada platform ini, diantaranya AirTM, Cryptocurrency (Litecoin), dan Uphold. Minimal saldo yang diperlukan untuk melakukan penarikan adalah $5. Syarat lainnya adalah waktu interval task akun Anda 0s. Anda harus melakukan pekerjaan dengan baik agar interval task Anda 0s. Tiap melakukan kesalahan interval task akan semakin bertambah. Berikut langkah pembayaran di sproutgigs :

  1. Pilih menu Wallet di again beranda.
  2. Klik Request Withdrawal (jika sudah memenuhi syarat).
  3. Pilih jenis metode pembayaran.
  4. Masukkan jumlah nominal yang diinginkan.
  5. Klik Submit Request
  6. Buka email Anda untuk mendapatkan token, dan masukkan token tadi kemudian klik Sumbit.

Saldo bisa masuk dalam wallet dalam kurun waktu 1 hari.

Bukti Penarikan


Kelebihan

-Bayaran yang ditawarkan cukup besar dibandingkan situs microjobs yang lain

Dalam sebulan pendapatan yang diperoleh dari situs ini bisa mencapai $30 - $50 tiap bulannya. Nilai ini cukup lumayan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sederhana.

-Jenis Job yang ditawarkan cukup banyak

Task yang ditawarkan tiap harinya cukup banyak, bahkan hingga ratusan tugas (Namun menurut beberapa sumber yang saya baca, task yang tersedia sekarang lebih sedikit daripada dulu)

-Afiliasi

Selain microjobs, situs ini juga menawarkan program afiliasi, dimana Anda akan mendapatkan komisi 5% dari anggota baru yang mendaftar melalui link yang Anda bagikan.

Kekurangan

-Fee yang besar

Fee atau pemotongan pembayaran saat proses withdraw di platform ini cukup besar yakni sebesar 20%. Jika Anda ingin menarik $10 maka potongannya $2, apabila $50 potongannya $10 dan begitu seterusnya.

-1 Akun hanya untuk 1 Device

Anda tidak bisa membuat lebih dari akun (nuyul) pada device yang sama, karena Akun anda akan di suspend bila memaksa membuat lebih dari 1 akun pada device yang sama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Situs Survey Berbayar yang Menghasilkan Uang bagi Penggunanya Tahun 2023

Review dan Pengalaman Mengerjakan Survey Berbayar di Situs Surveyeah

4 Situs Penyedia Microjobs yang Terbukti Membayar Penggunanya